Proposal usaha merupakan bentuk permohonan baik berupa gagasan atau pemikiran kepada pihak lain untuk mendapatkan dana, pinjaman, persetujuan kerja sama, dan lain sebagainya. Berikut ini akan disajikan contoh proposal usaha warnet. 


CONTOH PROPOSAL USAHA WARNET
1. Pendahuluan 
Uraikan latar belakang dan tujuan bisnis warnet yang akan didirikan. 

2. Profil Perusahaan 
- Jenis Usaha 
Jelaskan secara rinci tentang usaha warnet anda, termasuk apakah bisnis anda sudah berbentuk badan usaha yang telah didaftarkan pada notaris. 

 - Nama Usaha Warnet 
Buatlah nama yang sederhana, menarik, dan mudah diingat. 

- Lokasi 
Pastikan bahwa lokasi bisnis anda di daerah strategis, sehingga calan investor dapat yakin untuk menanamkan modalnya di bisnis anda. 

3. Struktur Organisasi 
Jelaskan struktur organisasi dalam bisnis anda, mencakup pemilik dan karyawan 

4. Produk 
- Jenis Produk 
Dalam bisnis warnet, produk yang dijual adalah jasa pelayanan internet. Oleh karena itu, uraikan kegunaan dan manfaat dari jasa pelayanan anda kepada konsumen. Produk warnet tidak hanya sebatas jasa internet, tetapi juga berbagai perangkat atau perlengkapan warnet, seperti komputer, baik perangkat keas maupun perangkat lunak apa saja yang dipakai. Uraikan secara rinci hal-hal tersebut sehingga calon investor mengetahui dengan jelas bisnis anda. 

- Keunggulan 
Bisnis warnet yang akan anda bangun bukanlah satu-satunya bisnis warnet di Indonesia. Jadi, untuk menghadapi persaingan yang sangat ketat, bisnis warnet anda harus memiliki kelebihan dibandingkan warnet lain. Hal ini pula yang akan menjadi pertimbangan calon investor dalam menentukan kebijakan investasinya.

Keunggulan bisa dilihat dari segi pelayanan atau dari segi produk. Keunggulan dari segi pelayanan, misalnya pelanggan mendapatkan gratis snack setelah menggunakan internet dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan, dari segi produk, misalnya komputer anda sudah dilengkapi dengan hardware atau software pendukung yang canggih. 

5. Pemasaran 
- Target Konsumen 
Jelaskan siapa saja yang menjadi target konsumen dari bisnis warnet anda. Umumnya target pasar paling besar dari bisnis warnet adalah pelajar. 

- Strategi Promosi Salah satu hal penting dalam proposal bisnis warnet adalah tentang strategi promosi. Promosi dapat dilakukan melalui brosur, event tertentu, atau promosi lewat dunia maya. 

6. Laporan Keuangan 
- Modal 
Buatlah perhitungan tentang alokasi dana yang dibutuhkan untuk modal sehingga calon investor tahu dan bisa mengestimasikan seberapa besar jumlah dana yang akan diinvestasikan di bisnis warnet anda. 

- Neraca Laba/ Keuntungan 
Berisi penjelasan dan perhitungan singkat tentang perkiraan pemasukan, pengeluaran, dan berapa keuntungan yang akan didapat. 

- Bagi Hasil 
Tawarkan tentang perhitungan bagi hasil antara anda sebagai pengelola warnet dengan calon investor, misalnya dari keuntungan yang ada porsi anda 70% dan investor 30%. Hal ini dapat berubah sesuai kesepakatan bersama kedua belah pihak. 



Sumber : Disampaikan oleh Dr. Cut Fadhlan, SH, MM dalam Pelatihan Kewirausahaan di Kementrian Koperasi dan UKM (Maret 2012)

Share this article :

Ditulis Oleh : Bidadari kecil

Artikel CONTOH PROPOSAL USAHA ini diposting oleh Bidadari kecil pada hari Jumat, 31 Mei 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.